Kesehatan

Wajib Mencuci Tangan Sesudah dari Toilet

Cuci Tangan

Perlu disadari bahwa tidak seluruh orang paham betapa pentingnya cuci tangan pakai sabun, terutama sesudah keluar dari kamar mandi, beberapa diantara mereka hanya mencuci tangan dengan air, bahkan ada yang tidak menyentuh air untuk membersihkan tangan mereka sendiri.

Padahal aktivitas seperti mencuci tangan sesudah dari kamar mandi atau toilet, entah itu toilet umum maupun toilet pribadi hal tersebut harus dilakukan untuk menjaga tangan Anda tetap steril. Selain itu mencuci tangan merupakan salah satu cara efektif untuk menghindarkan Anda dari berbagai jenis penyakit

Membersihkan Tangan Sesudah dari Toilet dapat Mencegah Penularan Penyakit

Menjadi salah satu cara paling mudah terjadinya penularan penyakit yakni melalui sentuhan. Sebab, tangan adalah salah satu tempat paling banyak dihuni oleh kuman, virus serta bakteri dan tidak menutup kemungkinan untuk bermukimnya virus yang mengakibatkan penyakit menular.

Ada sekitar lima ribu kuman dan bakteri yang bermukim di telapak tangan setiap saat. Maka dari itu, melakukan kontak baik ke orang lain hingga memegang benda mati, bisa menjadi jalur penularan berbagai macam bakteri yang mengakibatkan sakit.

Apabila tidak membersihkan tangan sesudah menggunakan toilet merupakan salah satu faktor utama terjadinya penularan penyakit yang banyak tidak disadari manusia.

Seperti contoh, apabila Anda sedang sakit diare, lalu Anda melakukan BAB dan tidak membersihkan tangan dengan bersih sesudahnya. Kemudian Anda bersalaman atau melakukan kontak dengan orang lain. Tidak lama kemudian orang tersebut menyentuh bagian mukanya atau makan tanpa membersihkan tangan terlebih dahulu. Besar kemungkinan orang tersebut mengalami infeksi sama dan bahkan bisa terinfeksi ke bagian lain karena mengalami perpindahan kuman dan bakteri lewat sentuhan dari Anda.

Feses manusia adalah ladang bakteri berbahaya yang bisa menimbulkan diare dan penyakit lainnya. Feses manusia juga bisa menyebarkan  berbagai infeksi saluran pernapasan berupa adenovirus serta penyakit mulut tangan dan kaki.

Ada juga patogen lainnya yang bisa ditularkan lewat telapak tangan yang tidak dibersihkan sesudah menggunakan toilet, seperti hepatitis A, flu, meningitis sampai bronkiolitis.

Kotoran manusia satu gram saja dapat berisikan triliunan kuman.Semuanya dengan mudah berpindah ke tangan sesudah Anda membersihkan kotoran setelah buang air besar.

Anda bisa membayangkan apabila kuman yang di dapat dari feses tadi bergabung oleh kuman yang telah lama tinggal di telapak tangan, tentu sangat menyeramkan bukan?

Benda-Benda Di Dalam Toilet yang Rentan Terkontaminasi Bakteri

Penularan berbagai penyakit melalui kebiasaan tidak membersihkan tangan sesudah dari toilet juga dapat terjadi secara tidak langsung. Beberapa benda yang umumnya rentan terkontaminasi berbagai bakteri, kuman sampai virus, seperti:

  •         Gagang pintu
  •         Gagang flush
  •         Kran Wastafel
  •         Selang
  •         Kloset
  •         Handuk

Pasalnya, semua benda-benda yang disebutkan diatas kadang sudah lebih dulu dipegang oleh orang lain dan tidak menutup kemungkinan bahwa orang tersebut sedang sakit serta membawa bakteri atau virus tangannya.

Bakteri Bisa Hidup Lebih Lama Di Sekitar Anda

Sebagian bakteri dan virus bisa hidup hingga 2 jam pada permukaan yang mereka hinggapi. Jadi, walau tangan Anda dirasa sudah bersih, bila orang yang memakai toilet sebelum Anda berada di kondisi sakit, ia bisa meninggalkan biang penyakit dan berpindah ke tubuh Anda. Apalagi bakteri, kuman dan virus merupakan mikroorganisme yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang yang membuat orang tidak dapat menyadari dimana kehadiran kuman tersebut berada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *