Inilah 4 Rekomendasi Kamera Untuk Vlog

Kegiatan vlogging saat ini tengah populer di kalangan milenial. Vlog merupakan singkatan dari video blogging. Pada dasarnya, kegiatan ini bertujuan untuk menceritakan kejadian atau keseharian seorang vlogger (sebutan pelaku vlogging). Topiknya pun beragam, mulai dari travel, beauty, lifestyle, daily life, dan lainnya. Kamera untuk vlog yang digunakan juga cukup bervariasi.

Kamera Untuk Vlog

Umumnya selain bercerita, vlogger juga merangkap sebagai cameraman. Inilah mengapa posisi kamera berada pada posisi selfie atau sangat dekat dekat dengan vlogger untuk beberapa tipe vlogging seperti motovlog. Untuk memulai vlogging sebenarnya bisa menggunakan kamera smartphone, tetapi kualitas kameranya kurang bagus sehingga terlihat jelek saat di upload di media sosial.

Rekomendasi Kamera Vlog yang Bagus

Lain halnya dengan vlogger professional yang biasanya menggunakan kamera proper untuk menangkap objek-objek keren untuk dijadikan konten. Beberapa kriteria kamera vlog yang disarankan adalah kamera yang memiliki fitur autofocus sehinggsa bisa dihandalkan dan tidak kabur, LCD yang bisa dibalik ke depan sehingga vlogger bisa mengatur framing, dan adanya slot untuk microphone.

Lebih lengkapnya berikut akan kami ulas tentang 4 kamera untuk vlog yang direkomendasikan untuk kamu.

  1. Canon G7X II

Salah satu kamera yang bisa kamu andalkan untuk kegiatan vlogging adalah Canon G7X II. Kamera ini memiliki jarak fokus lensa 24-100 mm lengkap dengan sensor 20.1 MP. Buat kamu yang menyukai video dengan efek bokeh, maka kamera ini bisa menjadi pilihannya. Menariknya lagi, Canon G7X II ini juga dibekali dengan mesin DIGIC 7 sehingga mampu menghasilkan video dengan kualitas full HD.

Untuk memudahkan mengoperasikan kamera, Canon G7X II ini hadir dengan bentuk yang compact, lengkap dengan LCD yang mampu diputar 180 derajat.

 

  1. Canon EOS M10

Masih dari brand Canon, kamera Canon EOS M10 juga bisa kamu manfaatkan sebagai kamera vlogging. Kamera ini dibekali dengan processor jenis Digic 6 sehingga mampu menghasilkan kualitas gambar yang tetap kece sekalipun berada di ruang minim cahaya.

 

Kamu juga dapat dengan mudah mengatur sensitivitas ISO-nya mulai dari 100-12.800. Tak hanya itu saja, kamera ini juga dibekali kemampuan merekam video kualitas 1080p ke dalam 24-30 frame per detik. Untuk memudahkan mentransfer hasil foto atau video, kamu bisa memanfaatkan fitur NFC dan wifi yang disematkan pada Canon EOS M10 ini.

 

  1. Sony Alpha A6500

Rekomendasi kamera untuk vlog selanjutnya adalah kamera Sony Alpha A6500. Untuk kamu yang menyukai kamera mirrorless, maka kamera ini bisa menjadi pilihan. Ya, kamera tipe ini bisa dibilang menjadi salah satu kamera mirrorless terbaik. Meski memiliki tampilan yang terkesan kurang update, namun spesifikasi yang disematkan pada kamera ini sangatlah mumpuni.

Secara tampilan, kamera A6500 ini mirip dengan kamera A6300 dan juga kamera A6000. Selain itu, kamera ini juga mengadopsi bentuk ala-ala rangefinder lengkap dengan jendela bidik pada bagian atasnya.

Kamera ini sudah dibekali dengan fitur 5-Axis in-Body Image Stabilizer (IBIS), touch screen serta buffer dengan ukuran besar yang dapat kamu manfaatkan untuk menampung ratusan file.

  1. Xiaomi Yi 4K

Apabila kamu adalah seorang vlogger pemula dan bingung harus membeli kamera vlog tipe apa, maka Xiaomi Yi 4K bisa jadi alternatifnya. Selain karena harganya lebih terjangkau, kamera ini juga sudah dibekali kemampuan mengatur ISO. Bukan hanya itu saja, bagian LCD belakang kamera ini juga cukup responsive karena dilengkapi dengan gorilla glass serta retina touchscreen beresolusi 630×340.

Demikianlah 4 rekomendasi kamera untuk vlog yang bisa kamu jadikan referensi. Apabila kamu masih newbie dalam dunia vlogging, ada baiknya kamu mencari banyak referensi tentang kamera yang bagus untuk vlogger pemula. Tidak perlu mahal, sesuaikan saja dengan budget dan kebutuhan kamu.

Tags :

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *