Gaya Hidup Kesehatan

GAD, PTSD, dan Jenis Gangguan Kecemasan yang Lain

Jenis Gangguan Kecemasan

Istilah gangguan kecemasan biasa merujuk kepada keadaan ketika seseorang merasakan rasa cemas luar biasa ketika melakukan sesuatu. Namun, tahukah Anda bahwa ada lima jenis gangguan kecemasan? Jenis gangguan kecemasan ini dibagi berdasarkan beberapa faktor seperti penyebab dan ciri-cirinya. Berikut ini adalah beberapa jenis gangguan kecemasan yang wajib Anda ketahui.

5 Jenis Gangguan Kecemasan

  • Generalized anxiety disorder (GAD)

GAD atau Generalized anxiety disorder merupakan salah satu jenis gangguan kecemasan dengan tanda berupa rasa khawatir yang terlalu berlebihan. Keadaan ini menjadi kurang baik karena rasa khawatir tersebut kadang muncul ketika tidak sedang menghadapi keadaan yang menegangkan. Oleh karena itu, penyandang GAD bisa tiba-tiba merasa cemas di saat tidak ada sesuatu yang terjadi.

  • Post-traumatic stress disorder (PTSD)

PTSD atau Post-traumatic stress disorder biasanya terjadi kepada seseorang yang pernah mengalami kejadian yang mengerikan. Kejadian tersebut bisa berupa peristiwa pembunuhan, kecelakaan hebat, atau peristiwa ekstrem yang lain. Tidak heran jika penderita gangguan kecemasan ini biasanya para tentara, korban bencana alam, korban kekerasan, veteran, atau korban kecelakaan.

Penderita gangguan ini akan langsung teringat kepada kejadian mengerikan tersebut ketika melihat benda yang berkorelasi dengannya. Sebagai contoh, seseorang yang pernah mengalami kecelakaan mobil yang membuatnya kritis atau sesama penumpangnya meninggal di tempat akan langsung terbayang kejadian tersebut ketika melihat atau sedang duduk di kursi mobil.

  • Obsessive Compulsive Disorder (OCD)

Gangguan ini mungkin sering dirasakan oleh orang yang kecanduan. Penderita OCD atau obsessive compulsive disorder akan merasa terobsesi dengan sesuatu dan melakukannya secara berulang-ulang. Ketika sesuatu tersebut tidak dilakukan, mereka akan merasakan cemas yang luar biasa. Sebagai contoh, seseorang yang selalu mengunci pintu karena takut akan pencurian akan merasa cemas ketika pergi dan merasa bahwa rumah belum dikunci.

  • Gangguan panik

Gangguan panik dapat menyerang secara tiba-tiba dan sering mempengaruhi jantung. Oleh karenanya, pada beberapa kasus, gangguan panik kerap disalahartikan sebagai sebuah serangan jantung. Ketika mendengar kabar yang mengejutkan, penderita gangguan ini akan langsung merasa sesak, takut, dan detak jantung menjadi tidak beratur dan terkadang disertai pusing dan sakit perut.

  • Social Anxiety

Kecemasan sosial atau disebut juga dengan social anxiety adalah perasaan gugup atau cemas ketika bertemu dengan orang lain. Bahkan, pada kasus yang lebih berat, ketika bertemu orang asing, mereka akan mengalami rasa mual dan berkeringat deras. Biasanya rasa khawatir ini muncul karena adanya perasaan takut ditolak kehadirannya atau malu terhadap orang lain.

Demikian beberapa jenis gangguan kecemasan yang biasa menyerang seseorang. Penderita gangguan kecemasan sebaiknya segera melakukan pengobatan atau konsultasi kepada ahli psikologi agar tidak berlanjut ke level berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *