Debat Pilpres Jadi Agenda Penting dalam Jadwal Pilpres 2019

Pergantian presiden dan wakil presiden yang akan dipilih langsung oleh rakyat pada tahun 2019 ini diwarnai dengan beberapa agenda. Salah satunya adalah debat pilpres yang sangat mengundang antusiasme masyarakat. KPU sudah membuat jadwal pilpres 2019 yang di dalamnya termasuk rincian jadwal debat pilpres 2019.

Pilpres 2019

 

Tema dan Jadwal Debat Pilpres 2019

Sejak beberapa tahun terakhir ini, debat pilpres sudah diselenggarakan untuk pemilihan presiden dan wakil presiden. Hal ini bertujuan untuk mengetahui visi dan misi setiap pasangan calon serta kemampuan mereka dalam menghadapi suatu persoalan. Studi kasus adalah salah satu metode yang digunakan dalam debat pilpres.

Pada tahun 2019 ini, agenda debat pilpres digelar sangat intensif. Berdasarkan jadwal, debat pilpres ini akan digelar lima kali dengan tema yang berbeda tentunya. Penentuan tema ini sudah mencakup seluruh aspek yang harus didiskusikan guna mengetahui bagaimana arah kebijakan dari setiap pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Debat perdana yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, pada 17 Januari 2019 lalu mengusung tema “Hukum, HAM, Korupsi, Terorisme.” Setiap pasangan calon akan membahas beberapa subtema tersebut yang di dalamnya terdapat berbagai jenis pertanyaan yang diajukan. Di sesi debat ini, Anda akan mengetahui kemampuan setiap pasangan calon.

Debat kedua akan berlangsung pada tanggal 17 Februari 2019 dengan tema “Energi dan Pangan, SDA dan Lingkungan Hidup, Infratruktur.” Tema kedua akan dilaksanakan di Hotel Sultan, Jakarta Pusat. Meski demikian, ada yang berbeda pada debat kali ini. Apa itu? Debat kedua ini hanya akan dilakukan oleh capres saja.

Di tempat yang sama, nantinya akan digelar debat ketiga dengan tema “Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial, dan Kebudayaan). Berdasarkan jadwal pilpres 2019, debat ketiga yang merupakan debat antarcawapres akan dilakukan pada tanggal 17 Maret 2019.

Pada tahap debat keempat tanggal 30 Maret 2019 nanti, tema yang diangkat adalah “Ideologi, Pemerintahan, Hankam, Hubungan Internasional.” Debat keempat ini akan berlangsung di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan.

Debat putaran terakhir akan jatuh pada awal April 2019, namun KPU belum menetapkan tanggal dan tempat pelaksanaannya. Anda harus memantau terus dan jangan melewatkan putaran debat kelima yang akan mengusung tema “Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan dan Investasi, Perdagangan, dan Industri).

Sistematika Debat Pilpres 2019

Debat pilpres 2019 sudah didesain sedemikian rupa oleh pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar berjalan sesuai sasaran. Setelah penentuan tema dan jadwal debat, KPU juga membuat kisi-kisi debat.

Pada debat perdana yang sudah digelar pada tanggal 17 Januari 2019 kemarin, pemberian kisi-kisi terbukti tidak efektif karena paslon sudah mengetahui ranah pertanyaannya dan dipastikan sudah berdiskusi dengan tim suksesanya.

Hal ini menjadikan rakyat belum mengetahui kemampuan paslon secara murni dalam adu gagasan dan arah kebijakan yang terbentuk dari visi misinya. Oleh karena itu, KPU tak lagi mengeluarkan kisi-kisi pada debat berikutnya.

Terlepas memakai kisi-kisi atau tidak, sistematika debat kali ini sama dengan periode sebelumnya yaitu adu gagasan sesuai tema, kemudian dilanjutkan dengan sesi pemberian tanggapan dari pasangan calon lainnya. Pemberian tanggapan ini terus berlanjut dengan moderator yang berperan mengontrol jalannya debat pilpres tersebut.

Demikianlah rincian tema, jadwal, dan sistematika debat pilpres 2019 yang akan digelar hingga lima kali. Anda dapat mengikuti terus agenda debat pilpres tersebut untuk mengetahui bagaimana kemampuan setiap paslon. Simak terus jadwal pilpres 2019. Kesimpulan Anda sangat berarti untuk menentukan pilihan tepat kepada siapa negeri ini akan dipimpin.

Tags :

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *