7 Kesalahan yang Membuat Kendaraan Tidak Hemat BBM

Jika Anda adalah pengguna kendaraan dan merasa kendaraan yang dimiliki tidak hemat BBM. Itu artinya Anda harus memikirkan kira-kira apa penyebab kendaraan menjadi tidak irit BBM. Penggunaan BBM yang boros tentu saja akan membuat pengeluaran semakin membengkak. Ini akan sangat tidak efektif terlebih jika setiap hari Anda mempunyai mobilitas yang tinggi.

Hemat BBM

Tentu akan terasa sangat menyebalkan, jika Anda baru mengisi bahan bakar, namun baru sebentar digunakan, BBM sudah habis. Nah, perlu diketahui  ternyata pemborosan pada bahan bakar bisa saja terjadi karena kesalahan yang mungkin sering dilakukan para pengendara. Apa sajakah kesalahan yang membuat kendaraan tidak hemat BBM? Ini dia beberapa diantaranya :

  1. Mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi

Terkadang ada beberapa alasan yang mengharuskan seseorang berkendara dalam kecepatan tinggi, seperti telat pergi bekerja, harus segera datang ke suatu acara penting, dan alasan lainnya. Tetapi hal ini ternyata bisa membuat kendaraan menjadi tidak hemat BBM.

Terlalu sering berkendara dengan kecepatan diatas rata-rata bisa membuat kendaraan  menjadi boros bahan bakar. Ini dikarenakan rpm atau rotasi mesin akan berputar semakin tinggi, sehingga bisa membuat konsumsi BBM menjadi lebih banyak daripada biasanya.

  1. Salah dalam menggunakan gigi

Hal ini biasanya terjadi pada kendaraan yang manual atau gigi. Pengendara mobil seringkali salah dalam menggunakan gigi untuk mesin mobil. Misalnya ketika berkendara harusnya memakai gigi empat, namun karena tidak sadar akhirnya menggunakan gigi tiga. Kondisi ini yang bisa membuat mesin kendaraan jadi bekerja dengan lebih keras dan membutuhkan banyak bahan bakar minyak.

  1. AC selalu dinyalakan selama perjalanan

Hal ini mungkin banyak orang yang belum mengetahuinya. Selama perjalanan, tentu seringkali Anda menyalakan AC. Sebenarnya hal ini bukan hal yang dianjurkan. Karena selain tidak baik untuk kesehatan, juga bisa menyebabkan bahan bakar menjadi cepat habis.

Mengapa demikian? Ini karena mesin kompresor AC akan memberi beban lebih banyak pada mesin mobil sehingga membuat bahan bakar lebih cepat habis.

  1. Berkendara ugal-ugalan

Siapa sangka berkendara secara ugal-ugalan juga bisa mengakibatkan pemborosan bahan bakar? Selain bisa membahayakan pengendara lain, berkendara secara ugal-ugalan juga menjadkan kendaraan tidak hemat BBM.

Ini karena mesin kendaraan tidak dalam kondisi stabil ketika digunakan dan membuat mesin tersebut harus mengonsumsi banyak bahan bakar lebih besar dibandingkan dengan mengendarainya secara stabil.

  1. Terlalu lama memanasi mesin

Kebiasaan menyalakan mesin sebelum menggunakannya, lalu ditinggal karena ada keperluan lain, misalnya sarapan atau kegiatan lain, sebenarnya bukanlah hal yang baik. Karena hal tersebut yang akan membuat bahan bakar cepat habis. Ketika mesin menyala, maka otomatis ia akan mengonsumsi bensin, dan semakin lama mesin dinyalakan, maka semakin banyak pula bensin yang terbuang Cuma-Cuma.

Maka dari itu, mulai saat ini lebih baik panaskan mesin mobil dalam waktu sebentar saja. Misalnya lima menit, waktu tersebut sudah cukup untuk membuat oli melumasi semua bagian mesin.

  1. Malas servis berkala

Kesalahan terakhir yang sering pula dilakukan oleh para pengendara adalah malas untuk melakukan servis secara rutin. Tentu mobil yang jarang mendapatkan perawatan akan mudah terkena penyakit atau masalah, salah satunya bahan bakar akan cepat habis.

Ini karena mobil yang selalu diservis, tentu akan menjaga kinerja mesinnya dalam kondisi prima, sehingga tidak mungkin muncul masalah yang akan membuat bahan bakar cepat habis.

  1. Memacu kecepatan tanpa tahapan

Biasanya agar cepat sampai, para pengendara akan langsung menginjak pedal secara dalam agar mendapatkan kecepatan maksimal. Padahal hal ini bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi meningkat.

Jika Anda ingin melaju dengan kecepatan tinggi, maka jangan tiba-tiba langsung menginjak gas dan tiba-tiba mengerem. Karena ketika melakukan hal tersebut, konsumsi bahan bakar akan jauh lebih besar. Maka dari itu, perlu untuk melakukannya secara bertahap.

Demikian informasi mengenai beberapa kesalahan yang membuat kendaraan menjadi tidak hemat BBM. Semoga bisa membuat Anda semakin peka dan peduli terhadap kendaraan yang dimiliki agar lebih hemat dalam penggunaan bahan bakar.

Tags :

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *