Otomotif

Spare Part : Ini 5 Kondisi Motor yang Membahayakan Diri

Setiap jenis spare part motor bekerja sesuai dengan fungsi masing-masing. Seperti kita tahu bahwa sebuah sepeda motor tersusun dari banyak sparepart atau suku cadang yang fungsinya bervariasi. Semua jenis sparepart akan bekerja untuk menghasilkan performa sepeda motor yang terbaik. Karena itulah penting sekali memperhatikan jenis suku cadang yang akan digunakan.

Spare Part

Pemilihan suku cadang harus sangat diperhatikan karena berpengaruh pada performa sepeda motor yang Anda pakai. Satu hal yang penting untuk dilakukan saat memilih suku cadang motor adalah keasliannya. Pastikan bahwa Anda memang menggunakan suku cadang motor yang asli. Produk yang asli akan memiliki kualitas yang lebih baik dan tahan lama.

Performa motor yang baik akan berpengaruh pada keselamatan diri ketika berkendara. Sebaliknya jika motor Anda dalam kondisi buruk karena pemakaian suku cadang yang palsu, maka keselamatan diri di jalan bisa menjadi taruhannya. Tentu Anda tidak ingin mempertaruhkan keselamatan diri, bukan?

Kondisi Buruk pada Motor

Keselamatan berkendara tidak hanya dipengaruhi oleh ketelitian pengendara saat berkendara di jalan raya. Kondisi sepeda motor yang digunakan juga akan berpengaruh pada keselamatan saat berkendara. Sepeda motor yang kondisinya tidak prima sangat tidak aman untuk dipakai dan bisa menimbulkan kecelakaan yang berbahaya.

Sebagai pengendara sepeda motor, Anda tentu harus tahu seperti apa kondisi sepeda motor. Jika Anda tidak paham soal motor, maka sangat disarankan untuk melakukan servis secara rutin di bengkel resmi. Berikut adalah beberapa contoh kondisi motor yang membahayakan diri Anda di jalan raya dan harus segera diatasi :

  1. Ban Motor Aus

Ban menjadi salah satu jenis sparepart motor yang sangat penting. Ban motor harus selalu dalam kondisi yang prima agar motor bisa berjalan dengan baik di jalan raya. Ban motor yang sudah aus namun tetap dipakai sangatlah berbahaya karena bisa menimbulkan kecelakaan di jalan raya.

  1. Oli Mesin yang Tidak Diganti

Oli mesin menjadi salah satu bagian yang penting dari sebuah motor. Oli akan melumasi bagian mesin sehingga mesin bisa bekerja dengan baik dan terhindari dari goresan saat motor bekerja. Jika oli tidak diganti untuk jangka waktu yang lama maka kemampuannya untuk melumasi bagian mesin menjadi berkurang dan bisa membahayakan kondisi mesin.

  1. Aki Tidak Diganti

Aki motor juga memiliki masa pakai dalam jangka waktu tertentu. Aki menjadi sumber energi bagi sebuah sepeda motor. Jika aki tidak diganti untuk jangka waktu yang lama, maka mesin motor Anda bisa kesulitan untuk menyala.

  1. Busi Kotor

Busi memiliki fungsi memercikkan api supaya terjadi pembakaran pada mesin motor Anda. Namun, fungsi busi ini bisa terganggu jika busi dalam kondisi kotor. Jika busi tidak segera diganti dan dibiarkan kotor begitu saja maka bisa jadi sepeda motor Anda tidak akan bisa menyala dan tidak bisa digunakan.

  1. Kerusakan Rem

Siapa saja pasti tahu bahwa rem merupakan bagian yang sangat penting dari sebuah sepeda motor. Rem digunakan untuk membuat sepeda motor berhenti. Jika terjadi kerusakan pada rem maka motor Anda akan kesulitan untuk berhenti dan kondisi ini bisa sangat berbahaya bahkan menimbulkan kecelakaan.

Itulah tadi beberapa kondisi kerusakan pada sepeda motor. Pastikan semua kerusakan ini tidak terjadi pada sepeda motor Anda. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk melakukan servis secara rutin agar kondisi sparepart motor Anda bisa diketahui dan diganti jika memang sudah waktunya untuk diganti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *