Setelah Dapat Promo Tiket Kereta KAI, Lakukan Hal Ini Secepatnya

Kereta api merupakan salah satu kendaraan darat yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia karena lebih cepat mengantarkan penumpangnya ke kota tujuan. Sebelum Anda dapat menaiki kereta api tersebut, maka Anda harus membeli tiketnya terlebih dahulu. Walaupun Anda bisa membeli secara langsung di loket, namun saat ini terdapat layanan untuk membeli tiket kereta api online yang akan lebih memudahkan Anda saat memesan dan membelinya. Tidak jarang Anda bisa menemukan promo tiket kereta misalnya yang diberikan oleh KAI .

Promo Tiket Kereta

Promo untuk membeli tiket kereta tersebut bisa di cek di situs resmi dari KAI atau dari media yang lainnya misalnya dari pemberitahuan yang Anda dapatkan dari teman Anda. Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan yang bisa saja terjadi saat Anda hendak memesan sesuai dengan promo yang Anda inginkan, yaitu:

  • Pemesanan atau booking tidak tersedia. Hal tersebut karena 3 hari sebelum keberangkatan, reservasi sudah tidak dapat dilayani. Untuk menghindari hal tersebut, maka Anda harus membelinya maksimal 4 hari sebelum anda berangkat.
  • Pemesanan tiket hanya dapat dilakukan dengan jumlah tiket pemesanan maksimal 4 orang. Sehingga jika lebih dari 4 orang, maka Anda harus mengulangi pemesanan tersebut dari awal atau Anda dapat melakukan reservasi atau pemesanan dengan melalui call center yang tentunya lebih mahal karena menggunakan pulsa regular.

Setelah itu, Anda harus mengunjungi situs resmi KAI kemudian Anda harus menentukan tanggal keberangkatannya, stasiun asal Anda akan menaiki kereta api tersebut, stasiun tujuan, jumlah penumpang. Jika Anda hendak membeli tiket untuk Anda sendiri maka isi jumlah dewasa dan jika Anda hendak membelinya untuk anak Anda yang berusia dibawah 2 tahun maka Anda harus mengisi jumlah infant. Pastikan Anda secepatnya memesan tiketnya, karena promo tiket kereta dari KAI pasti cepat habis terutama jika diberikan saat menjelang lebaran.

Langkah kedua adalah akan muncul jadwal keberangkatan yang dapat Anda pilih. Jadwal kereta tersebut disertai dengan harga yang harus Anda bayarkan nantinya jika Anda memesan jenis kereta dengan jadwal sesuai yang Anda pilih. Pilih salah satu yang hendak Anda ambil. Jika sudah memesan atau booking, maka akan muncul konfirmasi pemesanan tiket. Konfirmasi tersebut berisi informasi seperti jumlah penumpang atau berapa tiket yang Anda pesan lewat pemesanan online tersebut. Jika sudah benar, maka centang di bagian persetujuan di sebelah kiri lalu klik lanjutkan.

Langkah ketiga adalah dengan mengisi data penumpang. Jangan lupa untuk memasukkan alamat email yang Anda miliki karena nantinya informasi tersebut akan dikirimkan ke alamat email yang Anda masukkan tersebut. Untuk Anda yang memiliki anak yang belum mempunyai KTP, dapat menggunakan nomor NIK di kartu keluarga. Langkah keempat adalah windows atau tampilan mengenai informasi penumpang dan tempat duduknya. Anda dapat mengatur tempat duduk Anda dengan memilih tombol pindah. Kelima adalah memilih metode pembayaran. Jangan lupa untuk mencatat kode pemesanan atau pembayaran karena akan dibutuhkan saat Anda melakukan pembayaran lewat ATM ataupun minimarket.

Kelima adalah segera lakukan print out untuk e-ticketing yang sudah Anda miliki. Caranya adalah dengan memasukkan kode pemesanan yang ada di struk pembayaran tersebut. Sehingga Anda harus datang setidaknya ½ jam sebelum keberangkatan untuk mengantisipasi adanya antrian untuk print out tiket sesuai promo tiket kereta yang Anda beli. Nantinya tiket yang sudah dicetak tersebut beserta dengan kartu identitas harus ditunjukkan ke petugas.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *