Perubahan Tubuh Ibu hamil

5 Perubahan Tubuh Yang Biasa Terjadi Pada Ibu Yang Hamil Muda

Berbicara tentang kehamilan, biasanya ada beberapa hal yang dibahas, seperti bagaimana cara agar cepat hamil, bagaimana cara menunda kehamilan, Tips Cepat Hamil Setelah KB, ataupun apa saja hal-hal yang dapat membuat kehamilan seseorang menjadi sulit terjadi.

Perubahan Tubuh Ibu hamil

Pada artikel kali ini kami akan membahas apa saja fakta harus diketahui oleh perempuan yang sedang dalam masa kehamilan terutama pada ibu yang hamil muda.

Umumnya para ibu muda yang baru pertama kali hamil akan memiliki perasaan seperti senang, cemas dengan perubahan pada tubuh, khawatir, bingung, dan lain-lain.  Pada tubuh sendiri beberapa perubahan yang terjadi seperti pendarahan, payudara membesar, konstipasi, keputihan, mual, dan terkadang dibarengi dengan muntah.

Pendarahan

Menurut statistik, sekitar 25 persen ibu yang hamil muda mengalami pendarahan pada trimester pertama, keluarnya sedikit darah ini dikarenakan terjadi implantasi atau menempelnya embrio di dinding rahim. Tapi jika pendarahan ini terjadi dalam jumlah banyak terutama jika dibarengi dengan rasa nyeri di perut maka si ibu harus waspada, karena ini bisa jadi merupakan tanda-tanda keguguran atau bisa jadi kehamilan di luar rahim.

Konstipasi

Konstipasi atau dengan kata lain sembelit bisa terjadi pada masa kehamilan, pada masa kehamilan otot usus bergerak lebih lambat dibandingkan sebelum kehamilan. Penyebabnya adalah hormon progesteron yang cukup banyak pada tubuh berefek pada pergerakan otot pada dinding usus atau bisa dibilang kontraksinya menurun. Selain itu zat besi yang menjadi salah satu nutrisi bagi ibu mudah juga akan menambah kemungkinan terjadinya konstipasi. Solusinya adalah konsumsi air dan serat dalam jumlah cukup perharinya.

Mual dan Muntah

Mual dan muntah ini merupakan gejala yang paling terkenal dan sangat umum terjadi, biasanya terjadi sekitar 85 persen pada ibu yang hamil muda. Penyebabnya sendiri adalah perubahan hormon pada saat kehamilan dan biasanya akan terus berlangsung hingga memasuki trimester ke dua.

Umumnya ibu hamil muda ini akan merasa mual dan muntah pada pagi hari, cara mengatasi hal ini sebaiknya makanlah dalam porsi yang lebih sedikit dari biasanya, selain itu minum air putih atau air yang asam seperti jus apel, selain itu konsumsi makanan dengan rasa yang tidak terlalu menyengat. Tapi jika muntah yang terjadi terlalu berlebihan dan mempengaruhi nafsu makan, ini tandanya ibu harus berkonsultasi ke dokter kandungan.

Keputihan

Keputihan merupakan hal yang normal terjadi pada ibu yang hamil muda. Keputihan biasanya ditandai dengan keluarnya cairan yang berwarna putih susu dan agak kental, Anda bisa memakai produk panty liner, hanya saja panty liner ini harus sering diganti, karena jika tidak kondisi lembab yang lama bisa mengakibatkan infeksi pada organ intim. Selain itu jika keputihan yang terjadi tidak lagi berwarna putih namun berwarna kuning atau hijau ditambah lagi bau yang kurang nyaman, maka saya sarankan segera berkonsultasi ke dokter kandungan.

Payudara membesar

Perubahan tubuh yang terjadi pada ibu hamil yang selanjutny adalah payudara yang membesar, terutama pada trimester pertama. Perubahan pada payudara ini lebih terlihat signifikan dibandingkan dengan perut, penyebabnya sendiri adalah hormon pada tubuh ibu muda ini rupanya sudah mempersiapkan diri untuk masa menyusui. Perubahan ini sendiri biasanya akan diikuti rasa tidak nyaman seperti rasa nyeri, karena itu sangat disarankan menggunakan bra yang memang di desain khusus untuk masa kehamilan agar ibu hamil bisa mendapatkan rasanya nyaman selama masa kehamilan.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *