Keluarga Kuliner

Kreasi Salad Buah Segar Untuk Si Buah Hati

Buah-buahan memiliki banyak manfaat untuk anak dan juga orang dewasa karena banyak mengandung mineral, vitamin dan serat. Namun untuk membiasakan anak memakan buah bukan urusan yang gampang, banyak anak yang kurang suka memakan buah-buahan orang tua harus punya trick untuk membiasakan anaknya makan buah, salah satunya adalah mengolah Salad Buah dengan berbagai macam bentuk yang unik.

Salad Buah

Berikut kami berikan tips untuk membuat Salad Buah untuk buah hati:

  • Cuci Bersih.

Sebelum anda membuatnya, pastikan bahan yang akan diolah dicuci bersih terlebih dahulu, agar anak terhindar dari kontaminasi bakteri ataupun zat kimia yang masih menempel pada buah.

  • Tambahkan Saos

Saos sebagai tambahan pada salad buah bisa anda olah dari campuran mayonase, susu kental manis dan taburan keju di atasnya.

  • Bentuk Yang Unik

Untuk menambah nafsu makan anak, anda bisa memotong buah dengan bentuk yang unik, semisal bentuk hati ataupun bentuk hewan, atau bisa juga anda tusuk-tusuk seperti sate, dijamin anak anda pasti suka.

  • Ajak Anak Membuat

Salah satu tips untuk membiasakan anak makan buah adalah dengan mengajaknya membuatnya. Apalagi salad cukup mudah untuk dibuat, ini juga sekaligus ajang anda bisa menjalin kebersamaan dengan buah hati anda.

Seperti yang kita tahu, kandungan vitamin dan mineral tergantung pada jenis buah-buahan. Memasukkan beragam jenis buah-buahan berbeda pada salad buah dapat memaksimalkan asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Mengonsumsi buah-buahan bermanfaat dalam mencegah penyakit maupun menurunkan risiko penyakit, seperti risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, stroke, dan darah tinggi.

Berikut Beberapa pilihan buah yang bagus untuk dikreasikan menjadi salad buah :

  • Apel

Apel berkhasiat dalam menurunkan kolesterol jahat, dan sebaliknya, justru meningkatkan kolestrol baik. Berkat antioksidan flavonoid yang dikandungnya, apel dapat menurunkan risiko asma dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

  • Nanas

Nanas kaya akan kandungan vitamin C. Satu cangkir nanas sudah melebihi kebutuhan vitamin C per hari. Buah ini juga mengandung zat yang dapat membantu meredakan peradangan.

  • Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, buah ini juga kaya akan kalium, mangan, dan serat.

  • Anggur merah dan ungu

Kedua jenis anggur ini kaya akan antioksidan dan zat antiradang.

  • Buah delima

Kandungan antioksidan dalam buah delima tiga kali lebih tinggi daripada teh hijau. Antioksidan pada buah ini juga terlihat dapat mencegah tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Sementara kandungan antiradang dalam buah delima dapat menurunkan risiko kanker, seperti kanker prostat.

  • Stroberi

Dibandingkan buah lainnya, stroberi mengandung indeks glikemik yang rendah. Mengonsumsi stroberi tidak membuat gula darah naik. Stroberi juga memiliki antioksidan yang tinggi.

  • Mangga

Buah tropis yang banyak ditemukan di Indonesia ini kaya akan vitamin C, serat, antioksidan, dan zat antiradang.

  • Semangka

Semangka kaya akan vitamin A dan C. Buah ini juga mengandung lycopene yang bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah dan kolesterol dalam darah, serta mencegah kanker.

  • Jeruk

Jeruk mengandung sejumlah besar vitamin C, kalium, sekaligus merupakan sumber vitamin B yang baik.

  • Jambu biji

Mengonsumsi 30 gram jambu biji sudah cukup dalam memenuhi kebutuhan vitamin C per hari. Buah ini juga mengandung vitamin A, serat, kalium, mangan, tembaga, dan folat.

  • Pepaya

Pepaya terkenal baik untuk melancarkan pencernaan. Pepaya juga mengandung vitamin C, vitamin A, asam folat, dan kalium.

Itulah beberapa tips untuk membiasakan anak makan buah dengan kreasi salad buah dan berbagai manfaat yang ada pada salad buah.

Semoga bermanfaat yaa!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *